8.12.2008

Hello, We're Famous! (And We're In Big Trouble...)

Terus terang saya bingung ketika berita kriminal tentang Ryan tiba-tiba masuk ke ranah infotainmen. Saat itu saya bertanya: bagaimana bisa, dengan perbuatannya itu, dia dengan sekejap masuk dalam daftar selebriti yang ramai diburu beritanya? Berita kriminal rupanya memang dapat dijual dengan mudah. Tapi tetap saja, saya bingung dengan pemilahan yang dilakukan para produser infotainmen tersebut. Jika menyoroti masalah yang melibatkan suami pedangdut Kristina, saya masih maklum, karena toh Al Amin memang beristrikan seorang selebriti. Tapi Ryan?

Sudah lima hari belakangan ini berita mengenai Ryan - sang mutilator, tidak lagi gencar ditayangkan di televisi. Padahal berita pembunuhan yang dilakukannya, sempat mengisi berbagai headline di sejumlah tayangan infotainmen yang ada. Kini yang ramai diberitakan adalah Sheila Marcia. Terus terang, guilty pleasure saya adalah menonton sinetron yang dibintanginya (juga yang ada Shareefa Danish-nya tentu saja ^^). Tapi, weleh weleh...kenapa begini jadinya? Nah, di luar itu semua, "keanehan" kembali terjadi. Entah karena kekurangan stok berita, tayangan-tayangan hasil olahan news affair di beberapa stasiun televisi malah ikut-ikutan mem-blow up berita penangkapan Sheila Marcia ini. Tiap hari, selalu saja ada tayangan mengenai hal ini. Bahkan editing untuk versi infotainmen dan hard news-nya tidak jauh berbeda. Wahai divisi pemberitaan..hello?! Yang benar saja...

Kesimpulan tesis saya kali ini adalah:
(1) Terdapat perbedaan rerata antara tayangan infotainmen dan hard news, namun ada kecenderungan bahwa para produsernya menjadi bingung menentukan berita apa saja yang sesuai dengan bagian masing-masing.
(2) Isi berita tayangan infotainmen dan hard news menunjukkan korelasi yang lemah dan tidak signifikan. Namun dengan indeks kepercayaan 95%, apabila produser saja bisa bingung, apalagi saya....

1 comment:

pencakar langit said...

lo pasti nonton silet yee? emang suka begitu...dimaklumin aja laah... yang jelas, pamor ryan emang naek setelah kejahatannya terungkap.