3.01.2008

The Marching March v1.0


March #1: Singing March


Maybe I will never be all the things that I want to be.
Now It's not the time to cry.
Now it's time to find out why.
I think you're the same as me.
We see things they'll never see.
You and I are gonna live forever.

Maybe I just want to fly.
Want to live but don't want to die.
Maybe I just want to breath.
Maybe I just don't believe.
Maybe you're the same as me.
We see things they'll never see.
You and I are gonna live forever.
Gonna live forever...

["Live Forever" by Oasis]

Potongan lirik diatas sangat mewakili perasaan gue ketika mengetahui salah satu living legend di dunia musik Indonesia, Gito Rollies, meninggal dunia. Tidak heran, lirik lagu “Live Forever” memang didedikasikan Noel Gallagher untuk para musisi yang cukup berpengaruh, seperti John Lennon, Jimi Hendrix, dan lain-lain, yang telah meninggal dunia.

Tanggal 28 Februari lalu, entah kenapa malam itu gue tiba-tiba pengen nonton TV. Padahal biasanya, begitu sampe di rumah, gue langsung masuk kamar. "Menghempaskan tubuh yang letih di tempat tidur dan berbaring dengan nyaman" adalah ritual yang selalu gue lakukan. Berita itu pertama kali terbaca di running text di sebuah stasiun TV. Sejenak, memang ada perasaan tidak percaya. Tapi setelah diingat-ingat, memang pernah ada berita yang melaporkan bahwa beliau sedang dirawat akibat kanker getah bening-nya. Maka kemudian, pembenaran atasnya pun terjadi.

Meski nggak punya koleksi albumnya secara lengkap (cuma ada beberapa kaset dari tahun 90-an punya nyokap), sedikit banyak gue juga mendengarkan musik-musik karya mantan personil The Rollies ini. Banyak hal-hal dari beliau yang menginspirasi. Berawal dari lirik-lirik lagunya yang cheesy, hingga menjadi lebih berisi, sampai akhirnya menjadi lebih dalam dan penuh muatan spiritual. Tidak banyak para musisi tanah air yang seperti beliau. Untuk bisa menyebarkan “sesuatu” yang dapat memberi ilham kepada orang lain, menurut gue tidaklah mudah. Jadi, jika harus menyebutkan musisi lokal yang menginspirasi gue secara spiritual, maka yang tersebut adalah Bimbo, Gito Rollies dan Opick.

Selamat jalan Om Bangun Soegito. Bulan Maret ini akan selalu merindukanmu. Bulan Maret ini tetap akan bernyanyi untukmu. Semangatmu akan tetap hidup selamanya. Semoga seluruh amal ibadahmu diterima di sisi-Nya. Amin.

No comments: